Agar Profesional, Konsentrasi Ilmu Periklanan IISIP Jakarta Ajarkan Mahasiswa Langsung Dari Tenaga Ahlinya

Potret Rohmiati sedang memaparkan materinya kepada mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta di Kuliah Minggu Pertama. (Foto: Muhamad Farhan)

JAKARTA, IISIP – Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta adalah salah satu perguruan tinggi yang memiliki reputasi baik di Indonesia, salah satu konsentrasi yang ditawarkan di IISIP Jakarta, yakni Konsentrasi Ilmu Periklanan, Fakultas Ilmu Komunikasi. Konsentrasi ini berfokus untuk pengembangan keterampilan dan pengetahuan terkait dunia periklanan. Berikutnya, konsentrasi tersebut juga dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional yang siap menghadapi tantangan dan perkembangan industri periklanan yang sangat dinamis.

Ketua Konsentrasi Ilmu Periklanan IISIP Jakarta Rohmiati menjelaskan, periklanan merupakan suatu kegiatan bagaimana seseorang dapat memasarkan atau mempromosikan produk dan jasa kepada khalayak, dengan tujuan untuk memperoleh sebuah keuntungan. Dan iklan-iklan ini dapat dipasarkan melalui media massa atau sosial seperti Instagram, Youtube, Tiktok, dan Facebook.

Rohmiati juga menuturkan, bahwa IISIP Jakarta sendiri juga telah menerapkan kurikulum yang dapat menunjang mahasiswa, secara spesifik mereka akan mendapatkan teori-teori maupun praktik dari mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa untuk belajar Ilmu Periklanan.

“Jadi di dalam Konsentrasi Ilmu Periklanan kita sudah mempersiapkan kurikulum kita ya, kurikulum di mana mahasiswa kita itu secara spesifik akan mendapatkan mata kuliah-mata kuliah periklanan seperti misalnya ada Dasar-dasar Ilmu Periklanan, Kreatif Thinking, kemudian ada Copywriting semuanya itu adalah sebagai mata kuliah-mata kuliah yang memberikan materi-materi baik secara teoritis maupun secara praktis kepada mahasiswa untuk belajar periklanan. Jadi bagaimana dia itu menciptakan konten dan bagaimana mengkomunikasikannya melalui media”, tuturnya.

Hebatnya, tenaga-tenaga kerja yang didatangkan untuk mengajar pada Konsentrasi Ilmu Periklanan ini merupakan bagian dari praktisi-praktisi di periklanan. Sehingga mahasiswa IISIP Jakarta mendapatkan ilmunya secara langsung dari seorang ahli dibidangnya.

“Kalau dari segi praktik, bisa saya jelaskan bahwa pengajar-pengajar yang berada di Konsentrasi Ilmu Periklanan itu kebanyakan dari praktisi, mereka yang menjadi bisnis owner, sehingga mereka bisa memberikan pengetahuan dan skill kepada mahasiswa kita. Jadi apa yang diajarkan itu adalah sebagaimana yang ada di industri yang dibutuhkan untuk dunia periklanan”, katanya.

“Dan mahasiswa kita ini ketika belajar,  misalnya di mata kuliah Copywriting bagaimana mahasiswa bisa menciptakan konten-konten untuk beriklan, mengeksekusinya, kemudian mengkomunikasikannya melalui media tadi. Bahkan secara konvensional atau melalui media sosial. Praktik-praktiknya terkait periklanan, langsung diajarkan oleh praktisi dan itulah yang menjadi keunggulan”, sambung Rohmiati.

Kampus Tercinta memiliki kurikulum yang telah ditetapkan berimplementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Salah satunya, mahasiswa IISIP Jakarta dapat melaksanakan program magang industri dengan tujuan agar mereka dapat memperoleh ilmu secara praktis dari dunia industri. Namun, untuk melakukan program tersebut mahasiswa dianjurkan dapat memenuhi 100 SKS sebagai persyaratanya.

“Sebelum magang industri, mereka harus menyelesaikan sebanyak 100 sks mata kuliah untuk membantu dan membekali mereka praktik langsung ketika magang industri. Mahasiswa akan melakukan magang industri dalam dua semester, jadi ada magang industri satu dan ada magang industri dua, harapannya adalah mereka akan memperoleh pengetahuan secara praktis dari industri’, ujarnya.

Konsentrasi Ilmu Periklanan IISIP Jakarta juga menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan belajar mengajar, seperti laboratorium media, studio kreatif, serta perpustakaan digital, dan fisik. (Muhamad Farhan)