Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta memiliki visi, menjadi rujukan bagi berbagai pihak dalam pengembangan kompetensi bidang komunikasi yang kreatif dan inovatif di era digital, berbasis riset, serta berbingkai etika dan moral untuk membangun sumber daya manusia unggul.
Misi Program Studi Magister Ilmu Komunikasi yaitu: 1) mengembangkan pengajaran untuk membangun kompetensi di bidang komunikasi yang berorientasi pada kebutuhan pengguna dan kompetisi global; 2) mengembangkan riset di bidang komunikasi berbasis digital yang berbingkai etika untuk membangun sumber daya manusia unggul; 3) menjalin kemitraan dengan lembaga-lembaga potensial dalam rangka pengabdian kepada masyarakat guna meningkatkan peran aktif dan kesejahteraan masyarakat.
Program Studi Magister Ilmu Komunikasi memiliki tujuan, menghasilkan magister komunikasi yang mampu merancang dan memproduksi pesan untuk berbagai saluran media, termasuk media baru, yang berbasis pemahaman perilaku audiens.
Kompetensi lulusan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi adalah: 1) mampu menguasai teori-teori komunikasi dalam berbagai perspektif dan multidisipliner; 2) mampu menganalisa dan mengevaluasi masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial dalam bidang komunikasi serta menemukan solusinya; dan 3) kreatif serta inovatif dalam mengembangkan ilmu komunikasi berbasis digital yang berbingkai etika.
Dosen Program Studi Magister Ilmu Komunikasi adalah pendidik yang berkompeten dalam bidang komunikasi yang tergambar dari tingkat pendidikan dan pengalamannya.
Untuk mencapai kompetensi yang dimaksud, maka para dosen mengembangkan diskusi dan mengkaji materi terkait: 1) Perspektif dan Teori Komunikasi, termasuk Komunikasi Massa; 2) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif; 3) Etika dan Hukum Komunikasi; 4) Kajian Media dan Budaya; 5) Ekonomi Politik Media; 6) Organisasi dan Manajemen Media; 7) Kajian Reportase dan Investigasi; 9) Teori dan Analisis Wacana.
Organisasi dan Manajemen Media
Seminar Perilaku Konsumen
Seminar Etika dan Hukum Komunikasi
Perspektif dan Teori Komunikasi Massa
Seminar Kajian Media dan Budaya
Studi Mandiri: Masalah-masalah Komunikasi Kontemporer
Metode Penelitian Kuantitatif
Perspektif dan Teori Komunikasi
Organisasi dan Manajemen Media
Teori dan Analisis Teks Media
Metode Penelitian Kualitatif
Metode Penelitian Kuantitatif
Seminar Ekonomi Politik Media
Studi Mandiri: Masalah-Masalah Komunikasi Kontemporer
Seminar Etika dan Hukum Komunikasi
Seminar Perilaku Konsumen
Kajian Reportase dan Investigasi
Lulusan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi adalah: 1) mampu menguasai teori-teori komunikasi dalam berbagai perspektif dan multidisipliner; 2) mampu menganalisa dan mengevaluasi masalah yang berkaitan dengan fenomena sosial dalam bidang komunikasi serta menemukan solusinya; dan 3) kreatif serta inovatif dalam mengembangkan ilmu komunikasi berbasis digital yang berbingkai etika.