Agar Profesional di Dunia Industri, Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi IISIP Jakarta Terapkan Tiga Golongan Mata Kuliah

Suasana ruang podcast Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta pada saat berbincang mengenai Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi  IISIP Jakarta. (Foto: tangkapan layar)

JAKARTA, IISIP – Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta adalah salah satu program studi yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidang komunikasi, baik dalam aspek teori maupun praktik. Komunikasi yang efektif kini menjadi kunci utama dalam berbagai sektor, baik dalam dunia bisnis, politik, pemerintahan, maupun sosial.

Oleh karena itu, konsentrasi ini berfokus pada pengembangan kemampuan mahasiswa untuk mengelola komunikasi secara strategis, baik dalam organisasi, perusahaan, maupun masyarakat luas.

Ketua Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi IISIP Jakarta, Syafril Tahar menjelaskan, dibalik sebutannya sebagai manajemen komunikasi, terdapat konsep mengelola. Hal ini yang dapat dijadikan mahasiswa untuk bisa memanage dari mata kuliah yang diajarkan.

“Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi ini tatanannya berada dibawah Fakultas Ilmu Komunikasi IISIP Jakarta, selain ada Ilmu Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, dan Periklanan. Di mana bedanya dari tiga perbedaan lain dari konsentrasi di jurusan Ilmu Komunikasi, Ilmu Manajemen Komunikasi ini tatarannya sedikit ada yang namanya konsep mengelola, memanage. Makanya namanya adalah tadi konsep manajemen komunikasi”, jelas Syafril pada channel IISIP Jakarta.

Tidak hanya itu saja Syafril juga mengatakan, dalam Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi IISIP Jakarta juga terdapat mata kuliah yang menjadi penopang mahasiswa untuk bisa menjadi profesional, terutama dalam dunia industri

“Kalau dilihat dari konsep realitasnya di lapangan, apalagi ini berkaitan dengan dunia industri. Tataran Ilmu Manajemen Komunikasi ini dikulik dengan tiga kelompok mata kuliah, dari mulai konsep mata kuliah teoritis, praktis, dan riset”, katanya.

Lebih lanjut Syafril menambahkan, menurutnya dari semua yang dilakukan dalam Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi IISIP Jakarta itu penting. Sebab, kegiatan-kegiatan yang dihasilkan dalam dunia komunikasi harus berdasarkan riset.

“Untuk Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi, mereka juga tidak boleh tabu dalam konteks statistik, riset karena itu penting. Semua kegiatan-kegiatan yang dihasilkan dalam dunia komunikasi diawali dengan riset, dan itu penting saya katakan. Jadi nantinya diharapkan, anak-anak yang masuk dalam Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi tidak tabu dengan riset-riset dari hasil penelitian. Justru ini dapat menjadi gambaran dasar dari jurusan komunikasi”, tambahnya.

Meski demikian, dari adanya Konsentrasi ini sehingga dapat membekali mahasiswa dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan untuk bekerja di berbagai sektor, termasuk media, pemasaran, hubungan masyarakat, hingga komunikasi dalam organisasi. (Muhamad Farhan)