Fotografi produk termasuk ke dalam fotografi komersial yang digunakan untuk mempromosikan dan memasarkan produk, layanan, atau merek. Tujuannya adalah menarik perhatian calon konsumen dan mendorong mereka membeli atau menggunakan produk atau layanan yang ditawarkan.
Demikian hal ini diungkapkan R. Priadi Soefjanto Direktur LSP Inscinema dalam acara workshop photografi periklanan yang dibuka Purek 1 Dr. Asrul M. Mustaqim, MS.
Tema workshop yang diusung kali ini adalah “Teknik Pemotretan untuk Foto Produk yang Memikat Konsumen” yang diselenggarakan Program D3 Periklanan IISIP Jakarta, Selasa, 2 Juli 2024.
Priyadi juga mengingatkan kepada peserta workshop bahwa teknik pemotretan foto produk bisa dibilang sebagai keterampilan yang penting bagi para fotografer, pemilik bisnis online, dan siapa saja yang ingin menampilkan produk mereka dengan cara yang menarik dan profesional.
Pemotretan produk yang baik, kata Priyadi, dapat membuat produk tampak lebih menarik, meningkatkan minat konsumen, dan pada akhirnya mendorong penjualan.
Secara teknis ia juga menyebutkan agar fotografer perlu memperhatikan perhatikan pencahayaan yang tepat, latar belakang yang bersih, penggunaan tripod, komposisi yang menarik, pengaturan kamera yang tepat, sudut dan detail yang beragam, styling produk, fokus yang tepat, dan Post-Processing.