Potret pembicara Ade Sarah melakukan foto bersama dengan Dosen serta alumni IISIP Jakarta. (Foto: Tim Medsos IISIP).
JAKARTA, IISIP – Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta kembali sukses menggelar sharing session 6 dengan mengusung tema “Mengelola Event Sebagai Bagian Dari Brand Activation” di ruang AVA-B IISIP Jakarta, Jumat (27/12/2024). Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh mahasiswa serta Dosen IISIP Jakarta.
Sharing session ini merupakan salah satu bentuk kerja sama Kampus Tercinta dengan alumni IISIP Jakarta dari berbagai lintas angkatan. Kendati demikian, dengan adanya kegiatan ini sehingga mahasiswa IISIP Jakarta dapat memahami bagaimana mengolah sebuah event sebagai bagian dari brand activation.
Acara ini dimulai pada pukul 13.00 hingga 15.20 WIB, yang dihadiri 72 peserta yakni 63 mahasiswa dan 9 Dosen IISIP Jakarta. Pada kesempatan sharing session ini, IISIP Jakarta juga turut mengundang Ade Sarah selaku pembicara sekaligus alumni dari IISIP Jakarta.
Dalam paparan materinya Ade menerangkan, brand activation merupakan strategi pemasaran yang bertujuan menciptakan pengalaman yang nyata dan berkesan bagi konsumen, sehingga membangun koneksi emosional dengan brand, serta melibatkan yang menghubungkan konsumen dengan brand yang profesional.
“Di era brand yang jenuh dan ramai. Hipermediatisasi serta persaingan bisnis yang intens, brand activation diperlukan agar konsumen selalu terlibat dengan brand yang mengarah pada pembelian, penciptaan kedekatan emosional, dan brand loyality“, terang Ade dalam paparan materinya, Jumat (27/12/2024).
Lebih lanjut Ade juga menyampaikan, terdapat dua hal penting dari sebuah event sebagai bagian dari brand activation, yakni pertama menciptakan emosional connection. Koneksi atau hubungan ini dapat meningkatkan loyalitas dan kepercayaan seseorang terhadap brand. Dengan menawarkan pengalaman unik, brand dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan, membuat konsumen lebih mungkin mengingat dan memilih brand tersebut.
“Yang kedua, meningkatkan brand awareness. Pengelolaan event yang efektif memastikan bahwa brand massage disampaikan dengan jelas dan konsisten. Sehingga dapat menghasilkan word-of-mouth positif dan social media engagement“, jelasnya.
Meski waktu kegiatan tersebut tidak begitu panjang, tidak sedikit juga dari mahasiswa IISIP Jakarta yang bertanya kepada pembicara. Sebab, hal ini dapat dijadikan suatu pembelajaran serta menambah wawasan bagi mereka.
Hingga memasuki pengujung waktu, acara ini ditutup dengan melakukan sesi foto bersama pembicara, dosen, mahasiswa, serta alumni IISIP Jakarta. (Muhamad Farhan)