HIMA MANKOM IISIP Jakarta Fokus Tingkatkan Eksistensi dan Kontribusi Nyata

Salwa Salsabila Ketua Umum HIMA MANKOM IISIP Jakarta periode 2025/2026 (kiri) menerima serah jabatan dari eks Ketua Umum periode 2024/2025 Khairunisa Puspita Sari (kanan), dengan pemberian AD/ART sebagai simbolis di ruang AVA-B IISIP Jakarta, Jumat (17/10/2025). Foto: HIMA MANKOM IISIP Jakarta

JAKARTA, IISIP – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Manajemen Komunikasi (HIMA MANKOM) Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta (IISIP Jakarta) periode 2025/2026 Salwa Salsabila, menegaskan komitmennya untuk meningkatkan eksistensi organisasi di lingkungan Kampus Tercinta serta memberikan kontribusi nyata bagi civitas akademika. Hal ini disampaikan Salwa usai dirinya dinyatakan resmi sebagai pemimpin baru HIMA MANKOM IISIP Jakarta.

Baca Juga:

“Raih 58,8 Persen Suara, Salwa Salsabila Terpilih Pimpin HIMA MANKOM IISIP Jakarta”

https://share.google/iLix7FTVjFtXXEeDT

“Selama satu tahun ke depan, kami akan fokus untuk peningkatan eksistensi HIMA di lingkungan kampus dan kontribusi nyata bagi IISIP Jakarta. Programnya meliputi kegiatan rutin HIMA MANKOM seperti KMMK (Kekerabatan Mahasiswa Manajemen Komunikasi), MANSAB (Mankom Berasap), MANKOMPHORIA, hingga KONGRES. Selain itu, kami juga ingin memperkuat branding HIMA MANKOM agar semakin dikenal luas melalui media sosial dan kegiatan kolaboratif bersama organisasi internal maupun eksternal kampus,” ujar Salwa.

Upaya untuk mewujudkan program kerja tersebut, Salwa menjelaskan bahwa dirinya telah menyiapkan beberapa langkah strategis agar pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan terukur. Pertama, ia akan menyusun jadwal kerja yang terukur untuk setiap divisi. kedua, setiap program nantinya akan diadakan rapat koordinasi agar setiap anggota dapat memahami tujuan dan perannya masing-masing.

“Ketiga, kami menerapkan sistem evaluasi di setiap kegiatan yang sudah terlaksana agar setiap program bisa terus diperbaiki. Hal yang paling penting adalah komunikasi antar anggota akan dijaga lewat grup koordinasi aktif dan rapat agar semua anggota tetap solid,” jelas Salwa.

Baca Juga:

“HIMA MANKOM IISIP Jakarta Laksanakan Kongres ke-20 Menuju Kepengurusan Baru 2025/2026”

https://share.google/uTMmkAxFDX070dDsD

Tidak hanya program internal, selaku nahkoda HIMA MANKOM Salwa juga berencana menghadirkan kegiatan edukatif yang mendukung pengembangan kompetensi mahasiswa di bidang komunikasi. Salah satunya melalui program Visit Company, yakni kunjungan langsung ke perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi.

“Tujuannya ya agar anggota HIMA MANKOM bisa melihat secara langsung bagaimana dunia kerja industri komunikasi berjalan, sekaligus menambah wawasan dan jaringan profesional. Program ini diharapkan bisa menjadi jembatan antara teori yang dipelajari di kampus dengan praktik di dunia kerja,” tutur Salwa.

“Dalam konteks eksternal kami juga akan berkolaborasi dengan organisasi di luar kampus. Kolaborasi itu bisa saja berbentuk seminar atau sharing session, agar kita bisa memperluas jaringan untuk anggota HIMA MANKOM,” tambahnya.

Salwa juga berharap kepada seluruh mahasiswa Ilmu Manajemen Komunikasi IISIP Jakarta, agar turut berperan aktif dalam kegiatan HIMA MANKOM. Sebab menurut Salwa, wadah organisasi ini tidak hanya berlaku untuk anggota yang terlibat, akan tetapi mahasiswa yang tidak tergabung dapat ikut berkontribusi demi memajukan nama baik konsentrasi serta IISIP Jakarta.

“Saya berharap semua mahasiswa Manajemen Komunikasi bisa ikut terlibat, sekecil apapun perannya. Karena HIMA bukan hanya milik pengurus, tapi milik seluruh mahasiswa. Dengan partisipasi aktif, kita bisa membangun HIMA MANKOM yang benar-benar jadi ruang tumbuh bersama, tempat belajar, berkarya, dan berkontribusi untuk kampus dan masyarakat,” tutupnya. (Muhamad Farhan)