slider-img-2.jpg
KONSENTRASI MANAJEMEN KOMUNIKASI
.
.

Memiliki visi untuk menghasilkan lulusan  yang profesional dalam mengelola berbagai sumber daya, melalui proses perencanaan dan pengorganisasian strategi komunikasi dengan menggunakan media konvensional dan media baru agar tercapai tujuan komunikasi yang  informatif, persuasive dan edukatif. Serta, proses perkuliahan ini  diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu 7 semester (5 semester perkuliahan di kampus dan 2 semester magang industri/praktik kewirausahaan).

 

Maka untuk itu, kompetensi yang menjadi bekal  yaitu kemampuan perencanaan pesan  melalui aktivitas pemasaran sosial, merancang kegiatan komunikasi kelompok besar dan kecil, komunikasi politik, audit aktivitas komunikasi sosial, serta dapat mengelola suatu kegiatan komunitas baik untuk kegiatan profit maun non profit. Di sisi lain, harapakan pula  punya kemampuan profesional dalam hal: riset komunikasi (termasuk sebagai media sosial analyst), mengelola sistem informasi manajemen, mengelola event organizer, public speaker, consultant komunikasi,  baik di lembaga pemerintah dan swasta. Untuk mendukung kemampuan ini, maka tersedia peralatan laboratorium  yang mumpuni seperti laboratorium podcast, photography, multimedia, audio, audio visual, dan focus group discussion. 

 

Dalam pelaksanaan perkuliahan, mahasiswa tidak hanya diajarkan keahlian komunikasi melalui sarana media konvensional dan media baru, tapi juga dibekali etika berkomunikasi agar pelaksanaan komunikasi yang dilakukan  dan dihasilkan tidak melanggar norma budaya yang ada di Indonesia.

Serta, lulusan Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi memiliki kompetensi untuk menguasai etika visual dan film seperti: digital communication, digital marketing komunikasi sosial, content creator, creative video, serta menghasilkan karya komunikasi yang disiarkan melalui berbagai media dan platform.

Uraian di atas,  menunjukkan bahwa diharapkan menjadi bekal bagi mereka untuk masuk dalam dunia industri. Baik untuk bekal mereka dalam proses Magang Industri dan kewirausahaan yang mereka harus lakukan  di akhir perkuliahan dan bekal di dalam dunia kerja yang mereka jalani.Kolaborasi antara konsentrasi dengan berbagai industri dapat terjalin di bidang produksi konten, perencanaan media, pengelolaan komunitas, dan strategi kampanye. Kolaborasi ini diharapkan dapat membuat gap antara pengetahuan dengan dinamika komunikasi sosial akan semakin kecil.

Drs. Syafril Tahar, M.Si

Drs. Syafril Tahar, M.Si

Ketua Konsentrasi Ilmu Manajemen Komunikasi

1. Dasar-Dasar Ilmu Manajemen Komunikasi
2. Produksi Pesan Komunikasi Sosial

Dosen
Dra. Sri Dewiningsih, M.Si

Dra. Sri Dewiningsih, M.Si

1. Komunikasi Kelompok

Dra. Sadakita BR. Karo, M.Si

Dra. Sadakita BR. Karo, M.Si

1. Komunikasi Lintas Budaya

Dra. Cholifah, M.Si

Dra. Cholifah, M.Si

1. Teori Komunikasi
2. Pengantar Ilmu Komunikasi
3. Pemasaran Sosial

Dr. Asrul M. Mustaqim, M.S

Dr. Asrul M. Mustaqim, M.S

1. Komunikasi Kelompok
2. Dasar-Dasar Ilmu Manajemen Komunikasi
3. Mengelola Komunitas
4. Public Speaking

Drs. Irwan Siregar, M.I.Kom

Drs. Irwan Siregar, M.I.Kom

1. Komunikasi Politik
2. Komunikasi Lintas Budaya

Dr. Udi Rusadi, MS

Dr. Udi Rusadi, MS

1. Perencanaan Kebijakan Komunikasi

Drs. Susianto Darius, M.Si

Drs. Susianto Darius, M.Si

1. Komunikasi Massa

Drs. Hony Irawan, M.I.Kom

Drs. Hony Irawan, M.I.Kom

1. Mengelola Komunitas