Globalisasi (1)

Definisi Globalisasi

Globalisasi: Pengertian, Penyebab, dan Dampaknya

Globalisasi adalah proses interaksi dan integrasi antara lapisan masyarakat, perusahaan, dan negara-negara di seluruh dunia. Sebagai sebuah fenomena yang kompleks dan multidimensional, globalisasi dianggap sebuah ekspansi kapitalis yang bertujuan untuk mengintegrasikan ekonomi local dan nasional kedalam ekonomi global yang minim regulasi.

Globalisasi berkembang dan menyebar dengan pesat karena inovasi-inovasi pada bidang transportasi dan komunikasi, seperti telefon, internet, dan pesawat. Dengan meningkatnya interaksi antar manusia, tentu saja terdapat peningkatan juga pada perdagangan internasional, pertukaran ide, serta budaya.

Globalisasi pada dasarnya merupakan proses ekonomi yang meliputi interaksi dan integrasi aspek kebudayaan dan social dari suatu masyarakat. Meskipun begitu, konflik dan diplomasi juga memegang peranan penting dalam sejarah globalisasi.

Pengertian Globalisasi

Dalam memahami makna dari kata globalisasi, terdapat beberapa pendekatan yang dapat kita lakukan, salah satunya adalah pendapat dari para ahli. Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli mengenai arti dari globalisasi.