Program Studi Ilmu Komunikasi Jenjang S2
Menjadikan Program Studi Ilmu Komunikasi jenjang pascasarjana S2 sebagai rujukan dalam pengembangan kompetensi komunikasi yang kreatif, inovatif yang berbasis riset berbingkai etika dan moral dalam membangun sumber daya manusia unggul dalam bidang komunikasi.
Perkembangan industri media massa yang meluas, semakin membuka lapangan kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi. Tingginya kebutuhan media massa akan tenaga Magister Komunikasi memberi peluang yang sangat besar kepada lulusan untuk berperan aktif dalam industri media massa. Lulusan dapat memimpin organisasi media serta memiliki kemampuan melakukan analisis atas fenomena bidang komunikasi. Industri media yang berdomisili di Indonesia membutuhkan profesional yang mengenali budaya lokal, meskipun telekomunikasi telah memungkinkan komunikasi secara global. Karena tuntutan inilah diperlukan pengembangan kurikulum yang berbasis riset komunikasi agar mahasiswa memiliki wawasan nasional yang diperlukan oleh industri media. Selama kuliah, mahasiswa diajarkan dengan kurikulum yang berdasarkan keluasan, kedalaman, koherensi, dan penataan/organisasi. Pada keluasan kurikulum mahasiswa diajarkan teori-teori komunikasi yang mendasar. Selain itu diajarkan juga kedalaman matakuliah agar lulusan mampu melakukan analisis komunikasi, serta memiliki keterampilan untuk mampu mengelola organisasi media yang selalu berlandaskan pada hukum dan etika profesi. Dengan berbasis kurikulum tersebut, mahasiswa mampu melakukan komunikasi berbasis riset yang kreatif dan inovatif dengan memperhatikan bingkai etika dan moral. |
|