Persepsi dan Sikap Mahasiswa Fikom IISIP Jakarta pada Program Siaran Infotainment Silet RCTI Mengenai Potret Selebritas

Abstrak :

Hasil survei menunjukkan bahwa segmentasi demografi dari penonton seperti angkatan, jurusan, jenis kelamin diindikasikan mempengaruhi persepsi dan sikap mahasiswa Fakultas Komunikasi IISIP Jakarta terhadap program Infotainment Silet di RCTI, khususnya terhadap citra para selebritis. Menurut penelitian yang dilakukan penulis terhadap tiga faktor segmentasi demografi, hanya terdapat satu faktor yang diindikasikan mempunyai pengaruh terhadap persepsi mahasiswa. Sebagai hasil dari penelitian ini, penulis memberikan beberapa komentar kepada program Infotainment Silet, dalam memberikan informasi, contohnya seperti narasi dan penampilan pembawa acara, harus lebih fokus pada segmentasi demografi dari penonton. Program Silet harus lebih memberikan sudut pandang jurnalistik yang lebih baik dan mencakup kedua sisi berita agar informasi yang disampaikan dapat lebih seimbang. Penelitian ini berharap bahwa informasi mengenai selebritis dapat meningkatkan pengetahuan, persepsi, dan sikap tentang selebritis. 

The survey showed that demographic segmentation of audience such as level of classes, major, sex are indicated to influence the students of Faculty of Communication Institute of Social and Political Science (IISIP) Jakarta perception and attitude concerning Silet Infotainment Program on RCTI, mainly on the image of celebrities. According to the writer research on the three factors of demographic segmentation, there is only one factor indicated to have influence towards the perception of the students. As for the result of this research, the writer gives several comments for Silet Infotainment program in order to give information, such as narration and host performance, to be more focus on the demographic segmentation of audience. Silet program should give better journalistic point of view and cover both sides of the story in order to give the information balance. This research hopes that the information about celebrities can increase the audience knowledge, perception, and attitude about celebrity.

AttachmentSize
Oho -- Persepsi dan Sikap Mahasiswa Fikom IISIP Jakarta pada Program Siaran Infotainment Silet RCTI.pdf273.11 KB