Penggunaan Identitas Etnik dalam Iklan Televisi

Abstrak

Pesatnya kemajuan teknologi di bidang komunikasi sangat berpengaruh besar terhadap dunia periklanan secara umum. Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi, media yang tersedia untuk mengkomunikasikan informasi dan gagasan kepada khalayak akan semakin beragam. Peran periklanan sebagai suatu media penyampaian dan penyebaran informasi tentang barang, jasa, dan ide-ide dinilai efektif untuk mengkomunikasikan pesan produsen. Supaya iklan berhasil maka pesan-pesan yang disampaikan haruslah komunikatif dan persuasif. Upaya persuasi ini dituangkan dalam pesan melalui sejumlah tanda yang komunikatif salah satunya dengan cara menggunakan identitas etnik yang dianggap dekat dengan khalayak. Identitas etnik dalam iklan diwujudkan melalui atribut-atribut budaya tradisional.

Rapid advance in communications technology has a great influence for the advertising world in general. Along with the advancement of communication technology, media that are available to communicate information and ideas to the public will be increasingly diverse. The role of advertising as a medium of delivery and dissemination of information about goods, services, and ideas are considered effective to communicate the producer’s message. In order for the advertisement to be successful, the message must be communicative and persuasive. This persuasive attempt should be delivered in the message through a number of communicative signs, for example we can use ethnic identity which is considered close to the audience. Ethnic identity in advertisement will be manifested through traditional cultural attributes.

ISSN 1693-9506 | volume IX, no.1, Januari-Juni 2010

AttachmentSize
CETAK_JURNAL_ROHMIATI_JANUARI_2010.pdf374.63 KB