Menuju 2020: Industri Periklanan Era-Eksponensial

Ketua Dewan Perguruan Periklanan Indonesia (DP2I) RTS Masli mengatakan memasuki era 2020 akan terjadi perkembangan teknologi di bidang komunikasi, properti, transportasi, kesehatan, hukum dan komputer yang meningkat sangat pesat. di segala bidang dalam memasuki serta memasuki era 2020, Dengan kata lain, Perangkat lunak akan menggeser industri tradisional dalam 5-10 tahun ke depan. Di tahun 2030, komputer akan lebih cerdas dari manusia.

Manusia dan komputer mungkin akan berkembang komplementer. Komputer akan mengerjakan tugas yang terspesialisasi dalam inteligensi yang dapat dialgoritmakan dan manusia bekerja dalam hal-hal yang intuitif atau bahkan spekulatif. Saat ini manusia sedang menjelang ke masa Hyperbrave New World atau masa ketika terjadi perubahan sangat cepat akibat perkembangan teknologi, salah satunya digital. Akan terjadi Euforia teknologi digital = tragedi kemanusiaan. Manusia boleh menggunakan teknologi apapun untuk membantu pekerjaannya. Pengembangan tehnologi digital mengejar satu tujuan, yakni efisiensi.

Lebih lanjut Masli mengatakan, nantinya akan ada mTraction TV Sync yaitu kerja sama antara Affle dan IPG Mediabrands Ansible, yang merupakan agen penyedia layanan lengkap mobile marketing dan technology. Affle dan IPG Mediabrands Ansible akan memanfaatkan keunggulan dan kemitraan di seluruh wilayah APAC (Asia Pacific). Peluncuran mTraction TV Sync merupakan platform berbasis audience intelligence dan analytics yaitu sebuah peristiwa penting dalam pemasaran produk secara kesinambungan di berbagai layar, seperti TV, Computer, dan Smartphone. Manfaat mTraction TV Sync adalah untuk memonitor iklan TV secara real time sehingga bisa disatukan dengan perencanaan komunikasi di media digital. Hal ini akan membantu pengiklan mendapatkan dampak positif yang besar bagi produknya dari perencanaan komunikasi yang berkesinambungan di berbagai layar. Dengan adanya mTraction TV Sync, para pengiklan akan bisa menambah dan melengkapi kampanye TV mereka sehingga mereka bisa mendapatkan hal-hal yang penting dalam beriklan, yaitu luasnya jangkauan iklan dan perhatian konsumen terhadap iklannya.

Selanjutnya Masli menjelaskan tentang strategi periklanan. Yang harus diperhatikan dalam menciptakan strategi periklanan yang baik bahwa harus memperhatikan aturan-aturan yang terkait dengan periklanan, industri periklanan yang dalam hal ini proses bagaimana menciptkan iklan yang efisien, efektif dan kreatif. Proses periklanan harus direncanakan sebaik mungkin dengan melihat pada faktor objektif apa yang mau dicapai, siapa yang menjadi khalayak sasaran (pesan yang tepat harus ditujukan kepada khalayak sasaran yang tepat), bagaimana ide-ide diciptakan dalam beriklan yang kreatif, dan media beriklan yang digunakan (Perencanaan media akan mengarahkan bauran media dan anggaran periklanan).

Kuliah Pakar Tamu di IISIP Jakarta merupakan kegiatan rutin program jurusan yang dilaksanakan setiap semester. Kuliah Pakar Tamu dimaksudkan untuk memperkaya wawasan praktis mahasiswa karena Pakar Tamu yang diundang adalah pakar di bidangnya.

Dalam sambutannya, Pembantu Rektor I IISIP Jakarta, Dr. Ir. Maslina W. Hutasuhut, M.M. menjelaskan, ”Mahasiswa IISIP Jakarta disamping mampu memiliki wawasan dan pengetahuan teoritis, juga diharapkan mampu memiliki kemampuan praktis sesuai dengan bidang ilmu yang ditekuninya. Untuk dapat memasuki dunia kerja, lulusan IISIP Jakarta diharapkan mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya.”.

Kuliah Pakar Tamu yang berlangsung sekitar dua setengah jam dihadiri oleh mahasiswa IISIP Jakarta. Mahasiswa yang hadir antusiasme. Hal ini terlihat dari pertanyaan yang mereka ajukan. (rhm)