Membangun Perusahaan Global: Studi Kasus Kantor Akuntan Klynveld, Peat, Marwick, Goerdeler (KPMG)

Abstrak :

Dampak langsung internasionalisasi adalah terbangun “globalisasi dalam dunia usaha”, yaitu penciptaan jaringan transaksi internasional, berupa aliran perdagangan, aliran jasa (termasuk teknologi), aliran manusia (terutama yang memiliki ketrampilan yang tinggi), aliran faktor pembayaran (terutama bunga, keuntungan, lisensi dan pendapatan royalti), dan aliran modal. Perusahaan yang telah membangun jaringan transaksi internasional yang berupa aliran jasa (termasuk teknologi) adalah Kantor Akuntan Klynveld, Peat, Marwick, Go erdeler (KPMG). Pada saat ini, semua perusahaan-perusahaan di seluruh dunia membawa nama KPMG. Untuk mencermti persaingan, KPMG mempunyai misi : “Membangun pendekatan strategi yang rasional dalam memberi pelayanan jasa ke seluruh dunia sesuai dengan keberadaan dan potensi klien di seluruh dunia”. Oleh karena itu, KPMG memperluas kerangka kerja analisis strategi dengan memasukkan unsur persaingan internasional, yaitu: implikasi persaingan internasional bagi analisis industri dan analisis keunggulan kompetitif dalam konteks internasional. Dampak internasionalisasi bagi KPMG terhadap persaingan dan kemampulabaan, dianalisis dalam faktor-faktor: 1) persaingan dari pendatang yang potensial (competition from potential entrants); 2) persaingan antar perusahaan yang telah ada dalam industri (rivalry among existing firms), dan 3) kekuatan penawaran pembeli (the bargaining power of buyers). Untuk meningkatkan posisi daya saing, selain melakukan analisis untuk membuat keputusan dalam merger, KPMG juga memanfaatkan peluang masuk ke negara-negara yang belum dimasuki korporasi lain. Kemajuan KPMG disebabkan oleh kepemimpinan Sharman.

Direct impact of internalization is globalization in business world, namely international transcation network, in the form of flow of trade, flow of sercice (including technology), hman flow, cash flow (taxes, profit, license and royalty income), and capital flow. Companies which have created the international transaction network in the form service flow (include technology) are accounting offices, Klynveld Peat, Marwick, Goerdeler (KPMG). Nowadays, companies throughout the world bears name of KPMG. Inorder to observe competition, KPMG have a mission “to built rational strategic approach in giving service to the world accordance with exstence of clients in the whole wide world”. therefore KPMG expands the strategy of framework analysis by including international competitive element, namely international competitive implication industry analysis and competitive supremacy analysis in international context. The impact of internationalization to KPMG towards competition and profitability, analyzed in factors: 1). competition from potential entrants; 2) rivalry among existing firms and; 3) the bargaining power of buyers. In order to increase competitive position, in addition to make analysis and decision in merger, KPMG also take advantage of taking opportunity to countries which havent been involved with other corporates. The progress of KPMG is due to the Sharman’s Leadership.

Key words: Strategic management, leadership, international marketing

ISSN 1693-9506 | volume X, no.1, Januari-Juni 2011