KONSENTRASI ILMU HUBUNGAN MASYARAKAT
.
.
Memiliki visi untuk mencetak para profesional yang unggul dalam membangun reputasi tertinggi organisasi dan menunjang pemasaran produk melalui berbagai aktivitas komunikasi kehumasan internal dan eksternal melalui berbagai media konvensional dan media baru yang dapat diselesaikan dalam 7 semester (5 semester perkuliahan di kampus dan 2 semester magang industri/praktik kewirausahaan).
Untuk itu, kompetensi yang akan diberikan sebagai bekal adalah kemampuan untuk menjadi corporate communication specialist, public relations manager, public relations strategist, public relations technician, content creator, public opinion analyst, campaign manager, marketing communication manager, community developer, public relations officer, event organizer, public speaker, public relations consultant, corporate social responsibility manager, human relations officer di lembaga pemerintah maupun swasta. Untuk mendukung kemampuan ini, maka tersedia peralatan laboratorium yang mumpuni seperti laboratorium podcast, potography, multi media, audio, audio visual, dan focus group discussion.
Selama kuliah, mahasiswa diajarkan cara membangun reputasi secara kreatif dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan public relations seperti public relations digital campaign, mengelola komunitas, produksi konten di berbagai media konvensional dan media baru, press tour, press conference, open house, gathering, exhibition, counseling, corporate social responsibility, pembuatan news release dan video news release, media relations, public speaking, manajemen opini publik, event organizer, komunikasi dalam krisis, dan marketing public relations.
Selain itu, mahasiswa juga diajarkan agar mampu menganalisis opini publik (sebagai public opinion analyst) baik secara konvensional maupun dengan menggunakan aplikasi untuk memetakan reputasi dan posisi organisasi yang berfungsi sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam pembuatan kebijakan dan mengatasi krisis. Kemampuan lain yang juga diberikan adalah kemampuan menulis konten yang relevan dan kreatif (content creation) untuk kampanye public relations di berbagai media konvensional dan media baru. Kampanye ini dimaksudkan selain membangun reputasi juga berfungsi sebagai sarana dalam membantu pemasaran produk organisasi sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Kolaborasi public relations dengan pemasaran merupakan perpaduan yang sangat dibutuhkan dalam membangun kepercayaan terhadap organisasi.
Zahra Natty Fakhrana, S.I.Kom, M.I.Kom
Ketua Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat1. Komunikasi Dalam Organisasi
2. Marketing Public Relations
3. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
4. Teori Komunikasi
5. Komunikasi Kelompok
Dosen
Drs. Irwan Siregar, M.I.Kom
1. Komunikasi Politik
2. Komunikasi Lintas Budaya
3. Dasar-Dasar Ilmu Hubungan Masyarakat
Drs. Susianto Darius, M.Si
1. Komunikasi Massa
2. Komunikasi Lintas Budaya
3. Filsafat Komunikasi
Dra. Nurlina Bangun, M.Si
1. Hubungan Manusiawi dalam Organisasi
2. Filsafat Komunikasi
3. Etika Komunikasi
4. Dasar-Dasar Ilmu Hubungan Masyarakat
5. Etika Periklanan
Dra. Fitri Fabiola Elizabeth
1. Public Speaking
Drs. Chaerul Tamimi, M.I.Kom
1. Event Organizer
2. Public Speaking
Drs. Bambang Adipurwa, M.Si
1. Manajemen Hubungan Masyarakat
2. Komunikasi Organisasi
Rizky Fajar Meirawan, S.KH.M,Vet
1. Manajemen Opini Publik
Drs. Rahayu Maryati, M.Si
1. Marketing Public Relations
2. Komunikasi Dalam Kritis
3. Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Drs. Haryanto, M.Si
1. Digital Public Relations
2. Kegiatan Hubungan Masyarakat
3. Media Relations
Syammas Pinasthika Sarbini, S.I.Kom, M.M
1. Content Creation Dasar
2. Content Creation Lanjutan
3. Digital Advertising
Ade Hermawan Igama, S.S
1. Content Creation Dasar
2. Content Creation Lanjutan
3. Digital Marketing
Anissa Rahma, S.Sos, M.Si
1. Etika Komunikasi
2. Etika Periklanan