Komunikasi Interpersonal dan Kepuasan dalam Organisasi

Abstrak :

Komunikasi adalah hal penting untuk berjalannya suatu organisasi dalam mengatasi beragam masalah yang ada. Hubungan antara Pimpinan dengan karyawannya dalam organisasi kadang mengalami kendala serta kadang timbul hal yang tidak harmonis dalam bekerja. Untuk itu, suatu organisasi agar terhindar persoalan komunikasi organisasinya perlu mempelajari dan memahami tentang komunikasi interpersonal. Agar pencapaian tujuan komunikasi interpersonal dalam organisasi dapat diwujudkan maka perlu adanya kesamaan pemahaman antara satu individu dengan individu lainnya, antara pimpinan dengan bawahan dalam bekerja. Komunikasi interpersonal juga memiliki kemanfaatan dalam organisasi yakni menjalin hubungan dengan pihak-pihak yang terkait dengan operasi organisasi, seperti komunikasi bawahan dengan atasan atau sebaliknya serta komunikasi antarkaryawan. Dalam tulisan ini dijelaskan sub model dan efektivitas komunikasi interpersonal
 

Communication is very important to run an organization and solving various problems that occurred within. The relation between leader and his employees in the organization sometimes have problems and disharmony in the workplace. For that, an organization in order to avoid communication problems need to learn and understand about interpersonal communication. To achieve the goal of interpersonal communication in organization, it requires a common understanding between one individual with another, between superior and subordinates in working. Interpersonal communication also have benefit in organization, which is to engage a relation between parties related to organization operational, such as communication between superior and subordinates, or vice versa, and communication between employees. This writing explained sub model and the effectiveness of interpersonal communication.

ISSN 1693-9506 | volume IX, no.2, Juli-Desember 2010