Isu Gender dalam Dunia Periklanan

Bias gender masih sering terjadi di dunia pekerjaan yang masih kental dengan nuansa patriarki, tak terkecuali di dunia periklanan. Hal ini diungkap oleh Rara Ayu Yulianingtyas, seorang copywriter sebuah perusahaan periklanan multinasional.

Dalam kuliah umum yang diadakan pada tanggal 5 November 2016 dengan tema “Isu Gender dalam Dunia Periklanan” yang dihadiri oleh mahasiswa dan dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM), Rara mengungkapkan bahwa tindakan yang bernuansa bias gender patut ditanggapi serius karena sering kali menimbulkan ketidakadilan bagi siapapun yang mengalaminya. Secara spesifik, Rara membagi pengalamannya di dunia periklanan yang masih menilai kinerja seseorang bukan semata-mata dari kualitas pekerjaannya, tetapi justru dari alasan gender.

Rara menekankan perlunya kesadaran untuk menghormati kesetaraan gender dan kesadaran itu patut dipupuk sedini mungkin. Hal ini semata-mata agar kita tak lagi mendapat perlakuan tidak adil yang hanya didasari atas perbedaan gender yang tidak relevan.