Sejarah Singkat

PROFIL SEJARAH SINGKAT | BIRO ADMINISTRASI | PENGURUS YAYASAN | PIMPINAN IISIP | VISI dan MISI

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta didirikan tanggal 5 Desember 1953, dengan nama Perguruan Tinggi Djurnalistik (PTD), oleh Perhimpunan Mahasiswa Akademi Wartawan yang dipimpin oleh A.M. Hoeta Soehoet sebagai Ketua Umum.

Tanggal 4 Mei 1960 nama perguruan diubah menjadi Perguruan Tinggi Publisistik (PTP), untuk menyesuaikan dengan perkembangan ilmunya yang telah menjadi Ilmu Publisistik, yang tidak hanya mempelajari persuratkabaran dan jurnalistik saja, tetapi merupakan suatu ilmu yang berdiri sendiri, mengenai usaha manusia dalam menyampaikan isi pernyataannya kepada manusia lain. Pada tahun ini juga PTP membuka tingkat sarjana.

Sarjana publisistik yang pertama di Indonesia dihasilkan oleh Perguruan Tinggi Publisistik dalam ujian negara yang diselenggarakan tanggal 27 Juli 1962, yaitu Drs. A. M. Hoeta Soehoet.

Tanggal 21 Oktober 1976, Menteri P & K mengganti nama PTP menjadi Sekolah Tinggi Publisistik (STP).

Sejak tahun 1981 Sekolah Tinggi Publisistik (STP) mulai melaksanakan kegiatan akademik di kampus sendiri di Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Tanggal 14 Mei 1985 dengan SK Mendikbud No. 0234/0/1985, nama STP diubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi meliputi tiga jurusan : Jurusan Ilmu Jurnalistik, Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat dan Jurusan Ilmu Penerangan.

Tanggal 27 Juli 1985 dengan SK Mendikbud No. 0333/O/1985, bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi/Sekolah Tinggi Publisistik dikembangkan menjadi Institut dengan nama Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Jakarta.

Berdasarkan SK Mendikbud No : 0546/O/1990 tanggal 20 Agustus 1990, pada tahun kuliah 1990-1991, IISIP Jakarta membuka dua fakultas lagi, yaitu :

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) dengan  jurusan: Ilmu Politik  dan Ilmu Kesejahteraan Sosial ; Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dengan jurusan : Ilmu Administrasi Bisnis

Mulai tahun kuliah 1999-2000, sesuai dengan SK Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 09/DIKTI/Kep/1999 tanggal 12 Januari 1999 IISIP Jakarta membuka Jurusan Ilmu Hubungan Internasional pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Sesuai dengan perkembangan, mulai tahun kuliah 2006/2007 Jurusan Ilmu Periklanan menjadi jurusan yang mandiri terpisah dari Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat. Jurusan Ilmu Penerangan diganti menjadi Jurusan Ilmu Manajemen Komunikasi seiring dinamika komunikasi yang perlu dikelola dengan lebih baik.

Tahun 2008 telah dibuka program pascasarjana Ilmu Komunikasi, dengan ijin dari Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 896/D/T/2008 tanggal 24 Maret 2008.

Tahun 2009, diterima SK Dirjen Dikti  No. 978/D/T/2009 tentang ijin pembukaan Program Studi Komunikasi Massa. Tahun 2010 dimulai kuliah Program Studi Komunikasi Massa Konsentrasi Jurnalistik dan tahun 2011 dimulai kuliah Program Studi Komunikasi Massa Konsentrasi Periklanan.

Dengan demikian saat ini IISIP Jakarta mempunyai program studi sbb :

Fakultas Ilmu Komunikasi :

Program Studi : Ilmu Komunikasi jenjang Sarjana (S1)

Konsentrasi : Ilmu Jurnalistik, Ilmu Hubungan Masyarakat, Ilmu manajemen Komunikasi, Ilmu Periklanan.

Program Studi Komunikasi Massa jenjang Diploma (D3)

Konsentrasi : Jurnalistik dan Periklanan

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik :

Program Studi Jenjang Sarjana (S1) :

Program Studi : Ilmu Politik, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Hubungan Internasional

Fakultas Ilmu Administrasi

Program Studi : Ilmu Administrasi Bisnis

Program Pascasarjana

Program Studi : Ilmu Komunikasi jenjang Magister (S2)

Konsentrasi : Ilmu Jurnalistik, Ilmu Hubungan Masyarakat