Pilkada Serentak 2017 dan Konsolidasi Demokrasi

Kuliah Pakar Tamu Program Studi Ilmu Politik

Program Studi Ilmu Politik IISIP Jakarta kembali mengadakan kegiatan kuliah pakar tamu dengan tema “Pilkada serentak DKI Jakarta 2017 dan Konsolidasi Demokrasi”. Seminar kali ini menghadirkan pakar komunikasi politik UIN Jakarta Dr. Gun Gun Heryanto, M.Si sebagai pembicara.

Pengambilan tema ini dilatarbelakangi oleh semakin dekatnya waktu pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta yang dilaksanakan pada bulan Februari 2017. Sebagai barometer politik nasional, Pilkada DKI Jakarta mempunyai posisi signifikan untuk melihat sejauh mana kematangan demokrasi di Indonesia. Menguatnya politik identitas menjelang Pilkada DKI Jakarta menjadi ancaman bagi konsolidasi demokrasi yang sudah dirajut sejak era reformasi, serta memperkuat kekhawatiran akan terjadinya konflik vertikal dan horizontal di masyarakat.

Secara nasional, Pilkada serentak di 101 daerah adalah bagian penting dari proses transformasi kesejarahan demokrasi Indonesia. Diharapkan Pilkada serentak melahirkan pemimpin transformatif yang mampu menggerakkan masyarakat untuk berpartisipasi dalam perubahan, bukan karena instruksi melainkan karena keteladanan. Melahirkan pemimpin yang bekerja bukan semaa beretorika tetapi mampu memberi inspirasi dengan kepemimpinannya.