Konsentrasi Ilmu Periklanan

Visi

Menjadi  Konsentrasi Ilmu Periklanan yang unggul di Indonesia

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan Periklanan berkualitas yang diidukung oleh penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan  memenuhi standar pendidikan nasional;
  2. Memberikan layanan prima kepada seluruh pemangku kepentingan.
Tujuan
  1. Menghasilkan sarjana Ilmu  Periklanan  yang beretika dan memiliki kompetensi  keilmuan dan profesi yang tinggi.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat untuk pengembangan Ilmu  Periklanan  dan  meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menghasilkan karya-karya periklanan  yang dapat meningkatkan kearifan dan kebijakan  masyarakat untuk menilai iklan di media massa;
  4. Melaksanakan program  kemitraan dengan pemangku kepentingan untuk mendukung keberlanjutan proses pembelajaran.

Lulusan dapat bekerja sebagai praktisi bidang Periklanan (account director, account manager, account executive, creative director, art director, copy writer, copy visual, lay out man, casting director talent, post production, strategic planner, media planner, media buyer, media research, media analyst, media consultant).  Bidang kerja terbuka di media massa, rumah produksi, agency periklanan, instansi pemerintah maupun swasta, yang khusus menangani periklanan, promosi, pemasaran dan komunikasi.

Untuk menjadi profesional di bidang periklanan, maka mahasiswa dibekali dengan wawasan teoritis dan keterampilan praktis, sehingga mahasiswa mampu mengenali, mengkaji dan menganalisis fenomena periklanan dan mampu mengelola kegiatan periklanan. Mahasiswa juga diberikan kesempatan mempraktikkan ilmunya antara lain dalam bidang creative  pada Kuliah Kerja Lapangan di Biro Iklan untuk mengeksekusi suatu ide menjadi karya iklan. Pada bidang account, mahasiswa dibekali kemampuan mencari client, mendiskusikan brief iklan dengan client, melakukan brainstorming sampai akhirnya brief iklan disetujui client untuk dieksekusi. Pada bidang media periklanan, mahasiswa dibekali kemampuan membuat perencanaan penggunaan media. 

Untuk kemampuan aplikasi praktik membuat iklan dapat dilakukan di laboratorium: Lab Fotografi, Lab Audio, Lab Audiovisual, dan Lab Desain Grafis.

 

Kompetensi

  1. Mampu melaksanakan tugas dan peran sebagai seorang ahli periklanan profesional;
  2. Mampu mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan dan etika untuk menjadi ahli periklanan  profesional;
  3. Mampu  menunjukkan sikap dan nilai pribadi sesuai dengan etika profesi  periklanan.

 

Ketua Konsentrasi

Drs. Agus Wiyanto, M.Ikom

 

“Mulailah menciptakan ide-ide yang baru meskipun terkesan “aneh” tapi itulah kreatif” Teguh Handoko (Owner di Ideasphere Transformation Bureau )

 

 

Kami bangga dengan prestasi Dea dan Wandi, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Ilmu Periklanan, peraih BG Award Citra Pariwara 2008