Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat

Visi

Menjadi  Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat yang unggul di Indonesia

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan hubungan masyarakat berkualitas yang diidukung oleh penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dan  memenuhi standar pendidikan nasional;
  2. Memberikan layanan prima kepada seluruh pemangku kepentingan.
Tujuan
  1. Menghasilkan sarjana Ilmu Hubungan Masyarakat yang beretika dan memiliki kompetensi keilmuan dan profesi yang tinggi;
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang bermanfaat untuk pengembangan Ilmu Hubungan Masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menghasilkan karya-karya dalam bidang Ilmu Hubungan Masyarakat yang dapat meningkatkan hubungan sinergis antara organisasi dengan publik eksternalnya, termasuk masyarakat yang berada di sekitar organisasi;
  4. Melaksanakan program kemitraan dengan pemangku kepentingan untuk mendukung keberlanjutan proses pembelajaran.

Lulusan dapat bekerja sebagai corporate communication specialist, public relations manager, public relations consultant, public opinion analyst, compaign manager, community developer, public relations officer, event organizer, public speaker, dan public relations consultant dan bidang lainnya, di lembaga pemerintah maupun swasta.

Era informasi dewasa ini ditandai dengan tumbuhnya industri di segala bidang, seperti industri manufaktur, retail, perdagangan, dan perbankan yang menuntut keahlian di bidang kehumasan; dengan demikian terbuka lapangan kerja bagi lulusan Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat.

Selama kuliah, mahasiswa diajarkan cara membangun hubungan baik dengan publik internal dan publik eksternal institusi, membina citra positif institusi,  memiliki kemampuan menyelenggarakan berbagai kegiatan public relations seperti press tour, press conference, open house, gathering, exhibition, dan event organizer. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan menulis berita sebagai dasar pembuatan press release. Keahlian lain yang dibangun adalah kemampuan menganalisis opini publik  tentang institusi sebagai masukan bagi pihak manajemen dalam pembuatan kebijakan dan mengatasi krisis.

Mahasiswa juga diberikan kesempatan mempraktikkan ilmunya dengan Kuliah Kerja Lapangan di berbagai instansi yang memiliki bagian ataupun kegiatan kehumasan.

 

 

Kompetensi

 

  1. Mampu melaksanakan tugas dan peran sebagai seorang public relations officer profesional;
  2. Mampu mengintegrasikan pengetahuan yang diperoleh untuk mendukung profesi public relations officer profesional;
  3. Mampu menerapkan keterampilan-keterampilan public relations officer;
  4. Mampu menunjukkan sikap dan nilai pribadi sesuai dengan etika profesi hubungan masyarakat;

 


 

Ketua Konsentrasi

Dra. Nurlina Bangun, M.Si

Seminar Pemberdayaan Media Radio bagi kegiatan kehumasan.

Praktik  Riset Pemasaran di Laboratorium Focus Group Discussion (FGD)