Dinamika Masalah Kekerasan Seksual Anak

Kuliah Pakar Tamu Program Studi Kesejahteraan Sosial

Kekerasan seksual pada anak semakin memprihatinkan. Tak hanya meningkat dari sisi kejadiannya, tetapi juga dilakukan oleh oknum yang bekerja secara sistematis dalam mengembangkan kekerasan ini menjadi bisnis Eksploitasi Seksual Komersial Anak (ESKA).

Menanggapi hal ini, Program Studi Kesejahteraan Sosial mengadakan kuliah pakar tamu yang menghadirkan pembicara Koordinator Nasional ECPAT Indonesia Dr. Ahmad Sofian, S.H, M.A. Dalam kuliah tamu yang berjudul Dinamika Masalah Kekerasan Seksual Anak ia menjelaskan bahwa bentuk ESKA sangat beragam, dari perdagangan seks anak, pornografi anak, pariwisata seks anak, serta dalam berbagai hal juga meliputi perkawinan anak.

Dampak yang dialami oleh korban sangat luar biasa. Tak hanya trauma fisik, trauma psikis kerap dialami dan justru paling sulit ditanggulangi dan diobati, sehingga masa depan anak dipertaruhkan ketika telah mengalami eksploitasi. Ironisnya, anak seharusnya mendapatkan perlindungan dan berhak memiliki masa depan. Oleh karena itu, ECPAT Indonesia sebagai lembaga swadaya masyarakat berkomitmen memperkuat aksi nasional dalam upaya mencegah dan menghapuskan ESKA di Indonesia.