Be a Good Public Speaker

Kuliah Pakar Tamu – Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat

Kemampuan seseorang dalam berbicara sangat diperlukan dalam bidang apapun. Sebagai seorang professional public speaker atau pembicara profesional, ada beberapa persyaratan yang harus dimiliki yaitu confidence, construction, credibility, capture, connection, coherence, cogency, content, channel, character, conversation, creativity dan conduction. Seorang pembicara berperan penting sebagai pemberi informasi, pemberi instruksi, pemberi klarifiasi, pembentuk opini, pemberi motivasi dan inspirasi, penggerak, pembujuk, pemberi jalan keluar, pelatih, dan pengembang kepribadian.

Seorang pembicara harus mampu menciptakan atmosfer yang baik ketika berbicara di hadapan khalayak dengan memiliki sikap terbuka, menerima, serta peduli terhadap khalayaknya. Sebaliknya, jika seorang pembicara bersikap sinis, superior, mengecam, memvonis, dan kasar, maka ia akan merusak atmosfer pembicaraannya. Hal ini disampaikan oleh Drs. Chaerul Tamimi, M.I.Kom., praktisi public speaking dan master of ceremony dalam Kuliah Pakar Tamu untuk mahasiswa Konsentrasi Ilmu Hubungan Masyarakat, Sabtu 26 November 2016 di hadapan sekitar 173 mahasiswa dan dosen IISIP Jakarta.

Dalam Kuliah Pakar Tamu ini, Drs. Chaerul Tamimi, M.I.Kom juga membagikan kiat-kiatnya dalam membangun kepercayaan diri ketika menjadi pembicara, yaitu kenali diri, percaya diri, datang lebih awal, menguasai masalah, menguasai ruang, menguasai khalayak, membuat naskah sendiri, menikmati penampilan sendiri, membuat catatan, menggunakan alat peraga, santai, tenang, dan mengambil posisi berdiri lebih tinggi dari khalayak.

Tujuan dari Kuliah Pakar Tamu ini adalah untuk memberi bekal teoretis dan praktis oleh pakar di bidangnya kepada mahasiswa yang nantinya akan menjadi insan-insan yang siap terjun langsung di industri.