Ayo Bekerja...

Selamat buat Sarjana dan Magister Baru

Sarjana dan magister baru telah diwisuda pada Minggu, 25 Maret 2012. Pencapaian yang hanya dapat diraih dengan kesungguhan dan semangat yang tinggi. Wisudawan/wisudawati, orang tua, sanak keluarga dan handaitaulan semua gembira. Saatnya bersiap diri menghadapi kehidupan di masyarakat. Masyarakat menunggu para sarjana dan magister bergiat menyelesaikan masalah-masalah sosial.

Sampai bulan Agustus 2010, jumlah pengangguran masih sangat banyak: 8,32 juta orang dengan proporsi terbesar sarjana dan ahli madya/lulusan D3 (sumber Detik Finance, 2011). Badan Pusat Statistik (BPS, 2011) menguraikan, jumlah lulusan sarjana dan diploma yang menganggur masing-masing berjumlah 11,92% dan 12,78%.

Tingginya angka pengangguran ini yang menjadi masalah nasional. Kesemua itu merupakan masalah yang juga harus diselesaikan oleh pemerintah, industri dan angkatan kerja, termasuk lulusan baru sarjana dan magister. Bekal ilmu dan pengetahuan yang diperoleh selama kuliah menjadi modal dasar. Sekarang waktunya menerapkan teori, pengetahuan dan ketrampilan melalui kerja nyata. Ayo bekerja!

Mulailah usaha mandiri dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Ini tentu harus menjadi komitmen untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Menjadi “pengusaha” hendaknya sudah menjadi alternatif selain menjadi pegawai. Jauhkan perasaan takut gagal,  tidak percaya diri, tidak berpengalaman dan tidak bermodal. Pengetahuan dan ketrampilan selama kuliah di Kampus Tercinta IISIP Jakarta adalah modal kerja. Kalau tidak dimulai, kita tidak akan tahu proses awalnya; kalau tidak dilakukan kita tidak akan tahu cara melakukannya.

Selamat jalan sarjana dan magister baru IISIP Jakarta, isilah hidup dengan segala kemampuan untuk kejayaan Indonesia tercinta.